Informasi Terbaru: Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tahun Pelajaran 2023/2024

 


Semangat para petarung 

SNPDB -2023

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2023 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.  

Di samping itu, SNPDB MAN IC Tahun Pelajaran 2023/2024 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian, serta tes akademik yang meliputi bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.



Tujuan SNPDB MAN INSAN CENDEKIA Tahun Pelajaran 2023/2024

  1. Memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia.
  2. Memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

A. Jalur Pendaftaran SNPDB 2023 MAN Insan Cendekia

1. Jalur Reguler/Tes


Seleksi melalui jalur reguler atau dengan tes berbasis CBT (Computer Based Test) atau Tes Berbasis Komputer yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

2. Jalur Prestasi/Non Tes

Seleksi melalui jalur prestasi atau tanpa tes (non-tes) paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi peraih medaliu emas/juara 1 di bidang sains pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, KOPSI (Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti).

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tapsel kembali membuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tahun pelajaran 2023/2024. Seleksi ini dilakukan serentak diseluruh Indonesia oleh Kementrian Agama RI, (KSKK Kemenag RI) bersamaan dengan MAN prioritas lainnya 


Baca Juga:

B. Syarat Pendaftaran

1. Sekolah/Madrasah

Madrasah/Sekolah yang berhak mengikuti SNPDB MAN IC Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah:

  • Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  • Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) dan DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar
  • Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M atau Surat Izin Operasional Madrasah/Sekolah

2. Siswa

  1. Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2021/2022
  2. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2022
  3.  Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/sekolah yang ditetapkan
  4. Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (KSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari KSN seperti IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.
  5. Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP)
  6. Mengunggah (upload) berkas persyaratan:

a)  pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB)

b)  fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4 dan 5)

c)  fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir

d)  fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa/Lurah setempat (bagi pendaftar yang mengajukan keringanan biaya personal pendidikan)

Baca Juga:

Penerimaan Siswa Baru SMA Taruna Nusantara Tahun Pelajaran 2022/2023



C. Mekanisme Pendaftaran

    1. Pendaftar membuat akun pendaftaran SNPDB-MANIC dengan menggunakan akun email dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon pendaftar melalui aplikasi yang ditetapkan.
    2. Pendaftar melakukan input data dan mengunggah dokumen surat rekomendasi dari kepala madrasah/sekolah asal.
    3. Khusus pendaftar Jalur Prestasi melakukan input data tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi dan data 2 pilihan madrasah yang dituju.
    4. Pendaftar memilih MAN Insan Cendekia paling banyak 2 pilihan.
    5. Pendaftar mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan
    6. Pendaftar mencetak Kartu Pendaftaran, jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB-MANIC.
    7. Pendaftar memilih tempat lokasi tes (di rumah masing-masing peserta/tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan atau madrasah penyelenggara).


D. Pelakasanaan Seleksi

a. Seleksi Berkas

Panitia SNPDB-MANIC Tahun Pelajaran 2023/2024 melaksanakan seleksi berkas  dengan meneliti kelengkapan persyaratan dan memeriksa data online. Pendaftar yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes seleksi diumumkan di website : 

https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id.

b. Materi Seleksi

Materi seleksi calon peserta didik baru MAN IC meliputi: 

  • Tes Potensi Belajar (90 Menit) meliputi kepribadian, kemampuan numerik, kemampuan verbal, dan penalaran analitik, dan 
  • Tes Akademik (120 Menit) untuk bidang studi; penalaran matematika, literasi keislaman (Pendidikan Agama Islam dan Moderasi Beragama), dan Literasi Membaca (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)
c. Waktu Seleksi

SNPDB-MANIC dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. dengan menggunakan Computer Based Test (CBT)


Pelaksanaan tes SNPDB-MANIC Tahun Pelajaran 2023/2024 pada:

Hari,Tanggal : Sabtu-Minggu, 25 – 26 Februari 2023

Waktu : Pukul 07.30 waktu setempat s.d. selesai (jadwal akan diatur secara bergantian sesuai dengan pengumuman)

Baca Juga:

E. Syarat Kelulusan dan Biaya Pendidikan

Peserta tes dinyatakan lulus apabila:

  1. memiliki skor Tes Potensi Belajar tidak kurang dari batas minimal yang telah ditetapkan;
  2. memiliki skor tes akademik masih berada pada batas nilai passing grade yang ditetapkan;
  3. Memiliki skor hasil wawancara berada pada batas nilai yang ditetapkan yang hasilnya digabungkan dengan nilai akademik (Khusus MAN tertentu)
  4. Kelulusan SNPDB wajib memperhatikan pembobotan dengan mempertimbangkan aspek :
  5. Hasil tes potensi belajar
  6. Hasil tes akademik
  7. Wawancara (Khusus MAN tertentu)
  8. Asal calon siswa (MTs dan SMP)
  9. Lulus dari tes kesehatan yang meliputi:
    • bebas narkoba, dan
    • bebas dari penyakit menular (hepatitis, TBC, menular berbahaya) yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah

Penentuan kelulusan peserta didik baru MAN Insan Cendekia ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 

Pengumuman kelulusan disampaikan melalui website Kementerian Agama yaitu: https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id.

Peserta tes yang telah dinyatakan lulus, harus melakukan daftar ulang dengan melampirkan:

  1. surat keterangan lulus tes SNPDB yang dicetak dari akun masing-masing;
  2. surat keterangan lulus dari satuan pendidikan MTs/SMP;
  3. Persyaratan tambahan mengikuti ketentuan madrasah masing-masing.

 


F. Daftar MAN Insan Cendikia di Indonesia

Informasi Penting tentang MAN Insan Cendikia di Seluruh Indonesia:

Hingga tahun 2020, terdapat 23 kampus MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah daftar MAN Insan Cendekia.

No.Nama MadrasahAlamatSitus web
1MAN IC SerpongJalan Cendekia No. 1 Sektor XI BSD City, Kel. CiaterKec. SerpongKota Tangerang SelatanBantenhttp://ic.sch.id/
2MAN IC GorontaloJalan Kasmat Lahay, Desa MoutongKec. TilongkabilaKab. Bone BolangoGorontalohttp://icg.sch.id/
3MAN IC JambiJalan Lintas Jambi-Muara Bulian KM 21, Kel. Pijoan, Kec. Jambi Luar KotaKab. Muaro JambiJambihttps://icjambi.sch.id/
4MAN IC Aceh TimurJalan Medan-Banda Aceh, Gampong Kuta Lawah, Kec. Idi RayeukKab. Aceh TimurAcehhttp://www.icat.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
5MAN IC Ogan Komering IlirJalan Lintas Timur, Desa Seriguna, Kec. Teluk GelamKab. Ogan Komering IlirSumatra Selatanhttp://www.insancendekia-oki.sch.id/
6MAN IC SiakJalan Lintas Pemda KM 10, Desa Perawang BaratKec. TualangKab. SiakRiau[./Https://icsiak.sch.id https://icsiak.sch.id/]
7MAN IC PaserJalan Negara KM 8, Desa SempulangKec. Tanah GrogotKab. PaserKalimantan Timurhttp://icpsr.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
8MAN IC Kota PekalonganJalan KH. Ahmad Dahlan, Kel. BanyuripKec. Pekalongan SelatanKota PekalonganJawa Tengahhttp://icp.sch.id/
9MAN IC Bangka TengahDesa SungkapKec. Simpang KatisKab. Bangka TengahBangka Belitunghttps://icbateng.sch.id/
10MAN IC Padang PariamanNagari SintukKec. Sintuk Toboh GadangKab. Padang PariamanSumatra Barathttp://www.icpar.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
11MAN IC Bengkulu TengahDesa Rena Lebar, Kec. Karang TinggiKab. Bengkulu TengahBengkuluhttp://www.icbenteng.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
12MAN IC Kota BatamJalan Hang Lekiu, Kel. SambauKec. NongsaKota BatamKepulauan Riauhttp://www.icbatam.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
13MAN IC Tanah LautJalan Ahmad Yani KM 6, Desa AmbunganKec. PelaihariKab. Tanah LautKalimantan Selatanhttp://ictala.sch.id/
14MAN IC SambasDesa Saing RambiKec. SambasKab. SambasKalimantan Barathttp://www.icsambas.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
15MAN IC Kota KendariJalan Insan Cendekia No. 16, Kel. BarugaKec. BarugaKota KendariSulawesi Tenggarahttp://www.manickendari.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
16MAN IC Kota PaluJalan Bukit Tunggal, Kel. MamboroKec. Palu UtaraKota PaluSulawesi Tengahhttp://www.manickotapalu.sch.id/ Diarsipkan 2017-04-16 di Wayback Machine.
17MAN IC SorongJalan Insan Cendekia SP 4, Kel. Makbalim, Distrik MayamukKab. SorongPapua Barathttp://www.icsorong.sch.id/ Diarsipkan 2017-06-14 di Wayback Machine.
18MAN IC Tapanuli SelatanBukit Simago-mago, Desa Siala GundiKec. SipirokKab. Tapanuli SelatanSumatra Utarahttp://www.ictapsel.sch.id/ Diarsipkan 2018-02-03 di Wayback Machine.
19MAN IC Lombok TimurJalan Sukarno Hatta Kenaot Baru, Desa Suwangi Timur, Kec. SakraKab. Lombok TimurNusa Tenggara Barathttp://www.iclotim.sch.id/[pranala nonaktif permanen]
20MAN IC Halmahera BaratJalan Trans Halmahera, Desa Dodinga, Kec. Jailolo SelatanKab. Halmahera BaratMaluku Utarahttp://www.manichalbar.sch.id
21MAN IC PasuruanDesa Kedawung WetanKec. GratiKab. PasuruanJawa Timurhttp://www.icpasuruan.sch.id
22MAN IC GowaJl. Pendidikan Sunggumanai, Desa BelapunragaKec. ParangloeKab. GowaSulawesi Selatan
23MAN IC Lampung TimurJl. Taman Nasional Way Kambas, Desa Raja Basa Lama I, Kec. Labuhan RatuKabupaten Lampung Timurhttps://maniclampungtimur.sch.id

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/MAN_Insan_Cendekia




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Breaking News !!!