Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA NEGERI 1 Matauli Pandan, KabupatenTapanuli Tengah T.A 2023/2024




PPDB SMAN 1 Matauli Pandan - Penerimaan Peserta Didik Baru SMAN 1 Matauli Pandan telah dibuka, kepada Bapak/ibu semua yang hendak mendaftarkan anaknya disalah satu SMA terbaik yang memiliki asrama boleh langsung melihat syarat-syarat pendaftarannya di sini. Khusus untuk uang pendaftaran gratis alias tidak dipungungut biaya.

Baca Juga:


Persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru

  1. Pelaksanaan Tes PPDB SMAN 1 Matauli Pandan dilakukan secara tatap muka di Kampus SMAN 1 Plus Matauli Pandan .
  2. Berasal dari SMP/MTs Negeri dan Swasta Sederajat di seluruh Indonesia.
  3. Calon pendaftar untuk T.P. 2023/2024 adalah siswa yang berstatus aktif di kelas IX (Sembilan) dan terdaftar sebagai peserta Ujian Sekolah T.P. 2022/2023 atau siswa lulusan sebelum T.P. 2021/2022 yang sudah memiliki Ijazah SMP/MTs Sederajat.
  4. Pendaftar wajib memiliki NISN sesuai yang terdaftar di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id atau di data PDSP, apabila tidak mengisi NISN dengan benar maka panitia berhak membatalkan seluruh pendaftarannya.
  5. Wajib memiliki alamat email aktif yang akan digunakan untuk melakukan aktivasi akun saat pendaftaran online, wajib email pribadi, tidak menggunakan email sekolah atau email orang lain, karena email tersebut akan digunakan nantinya setelah di terima sebagai siswa.
  6. Mengisi formulir online pada website ini secara lengkap sesuai bukti data yang dimiliki pada menu PENDAFTARAN ONLINE, Sebelum mendaftar online siapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang diminta.
  7. Pada waktu mengisi form ONLINE wajib upload foto 3x4cm berwarna, berseragam asal sekolah, dengan resolusi foto 300px, besar file maksimal 250kb, nama file foto diganti sesuai dengan NISN, contoh : 0079342211.jpg, Jika pada formulir verifikasi dan kartu ujian foto anda tidak muncul, berarti belum memenuhi syarat untuk pendaftaran, TIDAK BOLEH FOTO DI RAPOR DIFOTO KEMBALI, UPLOAD SAJA FOTO DIGITAL TERBARU.
  8. Sehat Jasmani dan Rohani
  9. Tinggi badan menyesuaikan standar minat lanjutan setelah lulus SMA
  10. Kelengkapan yang wajib diserahkan kepada panitia pada saat tes potensi akademik adalah sebagai berikut :
    1. Membawa Perlengkapan Perlindungan Kesehatan (Hand Sanitizer, Masker Kesehatan, Saputangan, dan boleh membawa obat-obatan lainnya)
    2. Saat pelaksanaan TPA, peralatan yang di bawa adalah pensil, ballpoin dan atau peralatan alat tulis lainnya, saat memasuki area kampus, peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi, alat elektronik, kamera dan alat elektronik lainnya.
    3. Surat Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah dengan mencantumkan Sehat Jasmani dan Rohani, Dapat dan Sanggup mengikuti Tes Kesamaptaan Jasmani yang direkomendasikan oleh Dokter pemeriksa serta meliputi tinggi badan, berat badan, Tidak Narkoba, tidak buta warna sesuai dengan pemeriksaan standar kesehatan.
    4. Formulir Pendaftaran Online dengan status SUDAH VERIFIKASI yang sudah dicetak, lengkap di tandatangani dan di ada pasfoto yang sudah tercetak di formulir tersebut wajib mengenakan seragam asal sekolah.
    5. Printout Asli Kartu Peserta Tes PPDB
    6. Fotocopy Rapor SMP/MTs
    7. Fotocopy Piagam Penghargaan terbaik bagi yang memiliki (maksimal 3)
    8. Printout Screenshoot NISN dari web https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
    9. Fotocopy Kartu Keluarga
    10. Fotocopy Akta Lahir
    11. Fotocopy KTP Orangtua
    12. Surat bantuan pemeliharaan/pengadaan sarana dan prasarana selama mengikuti studi di SMAN 1 Matauli Pandan (Ketik atau Tulis tangan orangtua) : cukup 1 lembar (CONTOH SURAT)
    13. Surat bantuan peningkatan mutu pendidikan selama mengikuti studi di SMAN 1 Matauli Pandan (Ketik atau Tulis tangan orangtua) : cukup 1 lembar (CONTOH SURAT)
    Bagi semua peserta tes seleksi potensi akademik, semua surat keterangan dan kelengkapan diatas wajib diserahkan kepada panitia seleksi pada waktu pelaksanaan tes akademik dengan memasukkan ke map dan disusun sesuai urutan persyaratan di atas.
  11. Jalur penerimaan PPDB SMAN 1 Matauli Pandan T.P. 2023/2024 terdiri dari :
    1. Jalur Reguler
    2. Jalur Prestasi (Dibuktikan dengan sertifikat perolehan medali emas, perak atau perunggu pada bidang OSN, O2SN, FLS2N) Wajib Menyerahkan fotocopy bukti prestasi jika ada
      Khusus Bagi Peraih Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN/KSN) dapat langsung diterima menjadi siswa di SMAN 1 Matauli Pandan tetap mengikuti rangkaian tes dan wajib melakukan pendaftaran serta mengumpulkan berkas persyaratan dan daftar ulang.
    3. Jalur Talent Scouting untuk beasiswa yayasan Matauli khusus calon asal Tapanuli Tengah
    4. Jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (Dibuktikan dengan Kartu PKH), Wajib menyerahkan fotocopy kartu PKH.
    Dari ketiga jalur tersebut, peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian tes lanjutan PPDB SMAN 1 Matauli Pandan.
  12. Setelah selesai melakukan pendaftaran online, panitia akan melakukan verifikasi dan validasi data pendaftaran. Bagi pendaftar yang datanya lengkap sesuai aturan, maka pendaftar akan di verifikasi panitia dan dapat mencetak kartu ujian di halaman login setiap pendaftar serta memilih jadwal ujian.
  13. Semua tata cara pendaftaran dan kelengkapan berkas harus sesuai dengan aturan dari panitia, apabila salah satu tidak terpenuhi/tidak sesuai maka panitia berhak untuk membatalkan pendaftaran yang bersangkutan.
  14. Semua Peserta yang di nyatakan lulus verifikasi dan validasi oleh panitia, maka wajib cetak KARTU UJIAN pada login PPDB masing-masing. Pada saat tes berlangsung semua Peserta Wajib membawa Kartu Ujian.
  15. Bagi semua peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan cetak formulir serta cetak kartu ujian, maka wajib memilih jadwal ujian yang telah di sediakan pada menu PILIH JADWAL TES.

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru

  • Jadwal Pendaftaran Online
    Tanggal : 20 Januari - 28 Februari 2023

    Pendaftaran dilakukan secara online di alamat http://penerimaan.sman1-matauli.sch.id
  • Verifikasi dan Validasi
    Setiap hari mulai 01 Februari 2023

    Proses seleksi administrasi, Verifikasi dan Validasi akan dilakukan oleh panitia, hanya yang lulus seleksi administrasi yang dapat cetak kartu ujian dan memilih jadwal ujian serta mengikuti tes seleksi potensi akademik, setelah di verifikasi oleh panitia, maka data yang sudah di isi tidak boleh di rubah lagi (Hanya jika ada yang salah saja boleh di rubah pada menu Edit Data Pribadi sampai batas tgl pendaftaran). Verifikasi akan menunggu paling lama 1 x 24 jam sesuai dengan antrian pada database kami sesuai jam kerja 08:00 - 16:00 WIB.
  • Pencetakan Kartu Ujian
    Setiap Hari Sampai Tgl 02 Maret 2023

    Pencetakan kartu ujian dilakukan sendiri oleh calon peserta didik pada halaman login masing-masing casis setiap hari sampai batas waktu yang telah ditentukan.
  • Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA)
    Tanggal : 06 - 07 Maret 2023

    Pelaksanaan tes potensi akademik akan dilaksanakan secara terpusat di Kampus SMAN 1 Matauli Pandan dengan system Computer Based Tes (CBT), peserta tes wajib hadir di tempat ujian.
    Pada saat Tes Potensi Akademik semua peserta tes wajib membawa :
    1. Asli Formulir Pendaftaran yang sudah VERIFIKASI dan ditandatangani
    2. Memakai Masker Standar Kesehatan
    3. Membawa Hand Sanitizer
    4. Kartu Tes / Ujian (Cetak dari Login masing-masing)
    5. Asli Surat Bantuan Sarana Prasarana
    6. Asli Surat Bantuan Peningkatan Mutu Pendidikan
    7. Asli Surat Kesehatan
    8. Fotocopy Kartu Keluarga
    9. Fotocopy Akte Lahir
    10. Fotocopy KTP Orangtua/Wali
    11. Mengenakan seragam asal sekolah saat tes
    Untuk memilih jadwal tes masing-masing silahkan lihat informasinya pada login masing-masing
  • Pengumuman Kelulusan Tes Potensi Akademik
    Tanggal : 07 Maret 2023.

    Pengumuman secara online, dapat dilihat mulai pukul 23:00 WIB pada Menu Kelulusan TPA.
  • Psikotes dan Tes Samapta
    Tanggal : 08 - 09 Maret 2023.

    Peserta psikotes dan Tes Samapta adalah peserta yang dinyatakan lulus Tes Potensi Akademik.
  • Tes Wawancara
    Tanggal : 10 - 11 Maret 2023.

    Peserta tes wawancara adalah peserta yang dinyatakan lulus Tes Potensi Akademik.
  • Rencana Pengumuman Kelulusan Akhir
    Tanggal : 17 Maret 2023.

    Pengumuman melalui website penerimaan SMAN 1 Plus Matauli Pandan pukul 20:00 WIB, lihat di menu Kelulusan Akhir.
  • Rencana Daftar Ulang
    Tanggal : 20 - 22 Maret 2023.

    Untuk mengetahui secara lengkap tentang daftar ulang silahkan lihat pada menu Info Daftar Ulang.
    JIKA ADA PERUBAHAN TANGGAL DAN WAKTU, AKAN DI INFORMASIKAN KEMUDIAN SETELAH TUTUP PENDAFTARAN.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

Breaking News !!!